[DISINFORMASI] Video Air Zamzam Dilarang Dibawa ke Indonesia karena Tergolong Radikal

Beredar sebuah rekaman video di media sosial Twitter dengan narasi yang menyebutkan bahwa seorang jemaah haji dilarang membawa air Zamzam ke Indonesia karena tergolong radikal.

Dilansir dari medcom.id, klaim bahwa air Zamzam dilarang dibawa jemaah haji ke Indonesia karena tergolong radikal adalah tidak benar. Faktanya, larangan itu terkait keselamatan di pesawat terbang. Diketahui pada 14 Juli 2022, petugas pemeriksa koper jemaah kloter 1 embarkasi Padang  menemukan air Zamzam dikemas dengan berbagai ukuran di 50 koper. Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Daerah Kerja (Daker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Edayanti Dasril dalam tayangan Metro Siang di MetroTV pada Kamis, 14 Juli 2022, menjelaskan bahwa membawa air Zamzam dilarang dalam penerbangan sesuai dengan aturan yang diberlakukan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA). Selain itu, dilansir dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia kemenag.go.id, Edayanti juga pernah mengingatkan larangan ini sebelum para jemaah pulang ke Tanah Air dan menjelaskan jika nantinya setiap jemaah haji akan mendapatkan air Zamzam setibanya di Tanah Air.

 

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link counter:

·        https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/MkMP32xb-cek-fakta-video-air-zamzam-dilarang-dibawa-ke-indonesia-karena-tergolong-radikal-ini-faktanya

·        https://kemenag.go.id/read/ingat-air-zamzam-dilarang-masuk-bagasi-jemaah-haji

 

Berita Terkait